Friday, September 27, 2013

"I Hear Your Voice" : A drama of people who can't forget

Pada awalnya, gue memutuskan buat nonton drama ini karena iseng-iseng cari tontonan doang... But turns out I found this television drama was beyond great that I couldn't stop myself from watching it until the end.
Gue sendiri pun agak-agak kaget dengan respon diri gue sama drama ini, karena pada dasarnya gue bukan penggemar cerita jenis ini... tapi sekarang rasanya gue kembali harus mengingatkan diri sendiri untuk ga menilai sesuatu begitu aja tanpa cari tau lebih lanjut terlebih dulu.


I Hear Your Voice atau I Can Hear Your Voice -- drama Korea memang rata-rata punya judul Inggris yang beraneka ragam, so just use whichever you like -- judul aslinya adalah 너의 목소리가 들려; Neoui Moksoriga Deulryeo adalah drama bikinan Park Hyerun kedua yang gue suka, kedua setelah satu yang lain adalah Dream High.

Overall rate ☆  5/5 stars!

Dasar cerita di drama ini adalah Courtroom drama, yang artinya dominasi ceritanya adalah tentang hukum dan sejenisnya. Salah satu alasan kenapa gue di awal ga melirik drama ini sama sekali...
Gue mulai berubah pikiran ketika sadar kalau pemeran utama di drama ini adalah pria super ganteng dan ekstra charming berjudul Lee Jongsuk. Pada ga tau Lee Jongsuk? Gih sana cepet-cepet digoogle sebelum ntar nyesel karena telat naksir. :p
Jadi akhirnya cuma dengan berdasar niatan pengen ngeliat Lee Jongsuk gue pun mencoba nonton drama ini. Lalu yang terjadi adalah... I got hooked by the story since the first episode!

This drama was actually not a pure courtroom drama kind of, instead there're a lot of romantic-comedy feel in the story, and the best of all is the writer also put an element of fantasy in the character... Oh, and also have a very satisfying ending.

Kenapa gue bilang drama ini bercerita tentang orang-orang yang menolak lupa? Karena memang semua awal ceritanya berawal dari dua orang yang bersumpah akan menuntut balas... Yang satu menuntut untuk balas dendam dan yang satu menuntut mau balas budi.

Awal cerita sebenernya agak boring, ceritanya adalah kisah kecil Jang Hyesung (Kecilnya diperanin sama Kim Sohyun, besarnya diperanin sama Lee Boyoung) yang penuh drama. Gue udah sempet marah-marah sih pas nonton... Hih! Ini anak kecilannya aja udah drama! Hih!
Alkisah si Jang Hyesung ini adalah anak seorang pembantu di keluaga Seo, yang ceritanya si Bapak Seo ini adalah hakim terkenal pada masanya. Nah suatu hari pas Hyesung remaja lagi pusing ngerjain ujian, dia ngelihat anaknya si hakim Seo ini mencontek. Anak hakim kok nyontek, mau ditaruh dimanaaaa harga dirinyaaaa?? Jadi si anak hakim yang namanya Seo Doyeon ini langsung panik dong... Udah ketahuan nyontek, ketahuannya sama anak pembantu sendiri lagi. Gengsi bro, gengsi!
Sekian hari berlalu, ternyata Seo Doyeon berhasil jadi juara sekolah -- Iya bener, berkat mencontek... -- dan dalam rangka merayakan keberhasilannya si Ibunya Doyeon bikinin pesta kecil-kecilan buat anaknya, yang diisi dengan makan snack dan main kembang api. Tunggu, disini gue mulai resek, kenapa harus kembang api? Pesta berhasil juara satu apa pesta tahun baru sih ini sebenernya?

Lalu di tengah kemeriahan pesta, nongol deh si Jang Hyesung membawa sebaki makanan lezat. Entah dengan modus dan motif apa, Doyeon and the gang tau-tau sok manis sok unyu gitu deh ngajak si Hyesung gabung main kembang api sama mereka... Baru aja itu kembang api dipegang -- FYI, kembang apinya ini kembang api air mancur itu loh... Yang dibakar terus tinggal ditembakin ke langit -- tiba-tiba DUAAAR!! AAAAAHHHH! Gue shock, pemain-pemainnya pun pada shock.. Si Doyeon tiba-tiba jejeritan sambil megangin mata kirinya... atau mata kanannya ya? Ternyata usut punya usut matanya kena tembakan kembang api nyasar sodara-sodara... Gue langsung khawatir, apa yang akan terjadi pada Jang Hyesung, pasti itu semua ada hubungannya sama dia. Bener aja kan ramalan gue, ujung-ujungnya Jang Hyesung yang jadi tertuduh sengaja nembakin kembang api itu ke matanya Dohyun, walaupun pada kenyataannya bukan. Tapi rupanya Hyesung ini tipe-tipe remaja pembela kebenaran, dia ngotot ga mau disalahin. Yang berakibat Ibunya dipecat dan mereka diusir dari rumah itu.
Salah satu scene favorit gue adalah ketika Hyesung marah sama Ibunya karena menerima uang dari Bapak hakim Seo setelah dipecat.

"Mom, if you accept that money isn't it mean that you're not believe me too?"
"Just shut your mouth, I will accept this money and do what Mr. Seo deserve..."
Hyesung pun bingung dengan jawaban Ibunya, gue pun ga kalah bingung... Ternyata oh ternyata, uang itu dibelikan berlusin-lusin buku biografinya si hakim Seo dan minyak tanah lengkap dengan korek api. Yang lalu buku itu ditumpuk di depan rumahnya, dan dibakar aja gitu loh... bukunya ya yang dibakar, bukan rumahnya.
Wow, just wow... That scene was amazingly sad but fulfilling the watcher at the same time. Cara apalagi yang lebih merendahkan seorang hakim agung selain dengan membeli buku biografinya yang berisi kebohongan dan membakarnya di depan hidungnya? Hakim yang bahkan ga bisa menegakkan keadilan di dalam rumahnya sendiri...
Tapi ternyata cerita kecilannya Jang Hyesung belum berhenti disitu, gue pun mulai bete, mana nih Lee Jongsuk nya? Manaaaaa??
Lalu tiba-tiba ada scene Bapak sama anaknya yang masih kecil lagi naik mobil dengan damai dan tiba-tiba aja ditabrak sama truk gandeng, iya bener... truk gandeng. Tapi Bapak sama anak itu ga ada yang mati dong, dua-duanya cuma lemas berlumuran darah. Nah ternyata si Jang Hyesung sama Seo Dohyun remaja ini ngeliat kejadian itu, jadi mereka saksi mata gitu deh. Yang jadi masalah adalah ternyata itu bukan kecelakaan biasa, karena tiba-tiba si supir truk gandeng itu bukannya kabur setelah nabrak orang tapi malah nyamperin mobil itu sambil bawa-bawa senjata tumpul, terus itu senjata dipake buat mukulin Bapak-bapak di dalem mobil itu aja dong sampe mati... Ternyata itu bukan kecelakaan, tapi rencana pembunuhan yang ga sepenuhnya berhasil, karena: 1. Yang mati Bapaknya doang, anaknya masih hidup. 2. Kejadiannya kepergok sama Hyesung dan Doyeon. 3. Sejak kecelakaan itu, anak kecil yang ga sempet dibunuh itu mendadak jadi mind reader! Iya, mind reader!
Ciri klasik dari drama Korea, tokoh utamanya pasti suka gagal move on dari masa lalu... Si anak kecil yang mendadak mind reader itulah yang besarnya diperankan sama Lee Jongsuk. Namanya Park Sooha, yang ga lama setelah kecelakaan itu hadir di persidangan kecelakaannya, dimana si tersangka pembunuh bernama Min Joonguk (Diperankan oleh aktor spesialis villain, Jung Woongin yang aktingnya dewa banget) itu kekeuh kalau dia ga membunuh, semua yang terjadi adalah bener-bener kecelakaan biasa. Sampai semuanya kebuka ketika mendadak Jang Hyesung masuk ke ruang sidang setelah taruhan bodoh sama Seo Dohyun dan memberikan kesaksian.
Disinilah semua cerita bermula... Si pembunuh bersumpah ga akan melupakan Jang Hyesung dan akan membalas dendam bagaimanapun caranya, sementara Park Sooha juga bersumpah ga akan melupakan Jang Hyesung dan akan membalas budi bagaimanapun caranya.

The rest of the story is basically obvious... How Park Sooha finally met his long-lost first love slash savior Jang Hyesung. How Jang Hyesung and Seo Dohyun overcome their "frenemy" situation. And how the murder try too hard to pay his revenge.
Tapi jangan salah sangka, sepanjang nonton drama 18 episode ini gue dua kali ketipu sama twist yang bener-bener diluar perkiraan... Pertama ketika Park Sooha tiba-tiba amnesia, kedua ketika menemukan fakta Seo Dohyun ternyata anak pungut. Gimana ceritanya? Nonton sendiri lah... Gue bukannya ga mau bagi-bagi spoiler cuma bisa-bisa gue ngabisin dua hari dua malem buat ngebahas semuanya disini...

This drama is definitely worth to watch. The courtroom story is so easy to understand, even orang yang buta ilmu hukum macam gue aja dengan mudah bisa mengikuti semua alur kasus-kasusnya... The fantasy side about being a mind reader is also very well delivered... The thrill about a murder who kill people dengan menggunakan senjata tumpul juga cukup bikin deg-degan... And as an highlight, sisi romantis khas drama Korea juga sangat-sangat terekspos.

I give it 5/5 stars!! Love it A LOT!

No comments:

Post a Comment